Prinsip Dasar Iklan Digital Marketing dan Contoh Sederhana

Iklan merupakan salah satu media dalam digital marketing atau pemasaran digital. Berikut prinsip dasar iklan digital marketing.

Prinsip Dasar Iklan Digital Marketing dan Contoh Sederhana

prinsip-dasar-iklan-digital-marketing-dan-contoh-sederhana
iklan digital


Prinsip dasar iklan dalam digital marketing. Iklan digital adalah sebuah media pemasaran jasa atau produk  melalui media digital yang berbasis internet. Bentuk iklan digital memiliki karakteristik yang berbeda-beda tergantung jenisnya.


Nah, buat kamu yang ingin tahu lebih lanjut mengenai prinsip dasar beriklan digital marketing dan contoh sederhana dari iklan digital simak artikel ini yuk.


Menurut data dari We are social dan Hootsuite jumlah pengguna internet di dunia pada tahun 2022 mencapai 5 Miliar. Jumlah ini mewakili 63% populasi di dunia, dengan demikian beriklan digital di internet bisa menjadi sangat menguntungkan jika kamu memahami prinsip dasar iklan digital marketing dan mampu menerapkannya.


Berikut ini adalah beberapa prinsip dasar iklan digital marketing:

      1. Mindset atau pola pikir
      2. Temperatur audiens atau Audience Temperature
      3. Teknis atau apa saja yang perlu disiapkan 

1. Mindset atau Pola Pikir

mindset-iklan-digital-marketing
Mindset dalam beriklan digital


Mindset atau pola pikir dapat menjadi tolak ukur keberhasilan dalam membangun iklan di media digital. Jika Mindset salah maka iklan dapat menjadi tidak maksimal. Bahkan besar kemungkinan untuk gagal.


Iklan pada tiap media digital marketing tentunya akan berbeda pendekatannya, contoh sederhananya:

Facebook ads:

Beriklan di facebook ads baiknya memahami kegunaan dan fungsi dasar dari platform facebook yaitu bersosialisasi. Dengan mindset tersebut kamu bisa menerapakan bersosialasi yang menjual, sehingga konten konten yang kamu iklankan juga merupakan bentuk sosialisasi kamu ke audiens atau pengguna facebook.

Google ads:

Google merupakan mesin pencari yang menyesuaikan queries atau kunci pengguna dengan konten yang relevan dengan kata kunci yang diketikkan. Dengan mindset tersebut kamu dapat menerapkan strategi iklan yang dengan menyesuaikan kata kunci dan konten yang relevan dengan kata kunci yang diketikkan pengguna google.

 

Mindset beriklan yang baik dan benar bisa kamu jadikan bahan pertimbangan sebelum beriklan digital. Pastikan dulu niat dan tujuanmu dalam melakukan iklan tersebut.


2. Temperature Audience

audience-temperature
Temperatur Audience

Ada 3 jenis temperature audience, yaitu cold, warm dan hot audience. Apa perbedaannya?

⁣Cold Audience: 

Audience ini biasanya adalah first visitor.⁣Audience yang baru tahu tentang produk kamu dan baru pertama kali melihat iklan kamu. 

⁣Warm Audience: 

Tipe audience ini ada saat kamu melakukan remarketing/retargeting. Mereka adalah audience yang sudah mulai berinteraksi dan mendapatkan edukasi terkait produk kamu.⁣⁣

Hot Audience: 

Tipe audience ini siap menjadi pembeli kamu atau bahkan sudah membeli produk kamu.⁣

 

Beda jenis nya, beda juga strategi marketingnya.


3. Teknis atau hal yang perlu disiapkan


struktur-iklan-digital
Struktur Campaign


Memahami teknis dan pentingnya persiapan merupakan langkah penerapan atau praktek dari memulai iklan Namun, persiapan apa saja yang sebaiknya dilakukan?

  • Tujuan iklan
  • Membuat Media untuk beriklan (akun Facebook page atau Website)
  • Memahami struktur iklan (Campaign, adset/adgroup, ads)
  • Melakukan riset pasar

Demikian pembahasan dari irvan tentang Prinsip dasar beriklan dalam digital marketing. 


nike-campaign
Campaign-Nike


Masih banyak hal lain yang perlu dipelajari dan dipahami dalam beriklan digital, namun saya harap artikel ini bisa menjadi tambahan informasi.  

Digital marketing sangat luas dan terus berkembang diharapkan tulisan ini menjadi pengingat bagi kita untuk terus belajar dan saling berbagi.

Link copied to clipboard.